Penyebab dan Cara Merawat Gigi Berlubang pada Anak yang Efektif

Diposting oleh doni Madan on Sabtu, 19 Mei 2018

Persoalan terkait gigi berlubang pada anak pasti jadi kekhawatiran bagi setiap orangtua. Gigi berlubang tersebut merupakan suatu bentuk kelalaian dalam perawatan gigi. Jika sudah demikian, maka cara merawat gigi berlubang harus dilakukan demi mencegah lubang yang makin bertambah dan agar gigi mampu berfungsi lebih baik.
cara merawat gigi berlubang agar tidak sakit
cara merawat gigi berlubang agar tidak sakit

Apa sih Penyebab Gigi Berlubang

Penyebab gigi anak yang berlubang adalah adanya plak pada gigi yang disebabkan oleh aktivitas bakteri yang menguraikan sisa makanan dan minuman. Jika sudah terdapat banyak plak, maka lapisan gigi susu anak akan terkikis dan berlubang. Kebersihan mulut yang kurang terjaga adalah pemicu aktivitas bakteri tersebut.
Penyebab gigi berlubang tersebut harus dihindari agar kondisi gigi tidak semakin parah. Upaya ini efektif sebagai upaya penanganan gigi anak yang berlubang. Secara detail, berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merawat gigi berlubang agar tidak makin parah.

1. Melakukan Perawatan Gigi
Gigi adalah salah satu komponen tubuh yang sangat penting. Jika gigi mengalami gangguan, maka rasa sakitnya tak tertahankan dan rasa sakit ini muncul salah satunya ketika gigi berlubang. Gigi anak yang berlubang karena aktivitas bakteri yang menimbulkan plak tentu bisa menimbulkan rasa sakit ketika digunakan untuk makan.
Rasa ngilu pada gigi juga akan menghilangkan nafsu makan. Hal ini sangatlah menyulitkan anak. Ia tidak bisa mengonsumsi makanan secara bebas karena rasa sakit gigi yang dialaminya. Karenanya, maka gigi berlubang harus mendapatkan penanganan sesegera mungkin. Anda harus memeriksakan kondisi gigi anak Anda ke dokter.
Setelah dilakukan pemeriksaan, dokter akan menjelaskan kondisi gigi anak secara detail kepada Anda dan menyarankan upaya penanganan sesuai kondisi yang ada. Upaya penanganan untuk gigi berlubang adalah membersihkan gigi dari bakteri dan sisa makanan di mulut. Selanjutnya, dokter memberi gel fluoride untuk merekatkan area yang berlubang.

2. Melakukan Penambalan Gigi
Penambalan gigi merupakan salah satu penanganan lebih lanjut dari dokter gigi ketika mendapati kondisi lubang gigi yang cukup parah. Jika pemberian gel fluoride tersebut tidak mampu mengatasi lubang gigi, maka dokter akan melakukan penambalan gigi. Tindakan ini dapat dilakukan untuk mengatasi gigi berlubang agar segera pulih seperti sedia kala.

3. Melakukan Pencabutan Gigi Jika Sudah Parah
Tindakan selanjutnya yang dapat dilakukan secara medis dalam cara merawat gigi berlubang adalah dengan melakukan pencabutan gigi apabila sudah parah. Gigi yang berlubang mempunyai tingkat keparahan yang berbeda-beda. Untuk itu, upaya pemeriksaan kondisi akan memberikan pengetahuan terkait bagaimana kondisi gigi sebenarnya.
Ketika diketahui bahwa lubang pada gigi sudah besar atau parah, maka tindakan pencabutan gigi akan diusulkan. Jika demikian, setujuilah dan segera lakukan tindakan tersebut. Upaya cabut gigi ini berarti mencabut gigi susu anak yang nantinya juga akan berganti menjadi gigi permanen.

4. Menghindari Konsumsi Makanan Manis
Makanan manis yang terdiri dari permen, manisan, cokelat, krim, dan sebagainya, sangatlah disukai oleh anak-anak. rasa manisnya yang pas dengan bentuknya yang lucu beraneka ragam menjadikan anak sangat suka jika diberi atau jika melihat makanan tersebut. banyak kasus gigi berlubang yang disebabkan karena banyak mengonsumsi makanan manis.
Gigi susu anak yang masih rentan tentu saja mudah mengalami pengikisan yang melebar menjadi lubang ketika terdapat banyak glukosa yang bisa mengikis lapisan gigi. Kurangilah konsumsi makanan manis pada anak.
Perlu diingat, setelah mengonsumsi makanan manis tersebut, gosoklah gigi anak untuk menghilangkan sisa makanan di dalam mulut agar tidak menimbulkan aktivitas bakteri penyebab plak yang bisa mengikis lapisan gigi. Cara ini harus dilakukan agar si kecil juga tidak mengalami sakit gigi.

5. Menghindari Konsumsi Makanan Terlalu Panas dan Dingin
Dalam mengonsumsi makanan, Anda juga harus memperhatikan kondisi makanan dan minuman yang akan dikonsumsi anak. Makanan yang disajikan dan dikonsumsi dalam keadaan terlalu panas atau justru terlalu dingin tidaklah diperbolehkan. Anda harus berupaya memberikan pengertian pada anak terkait kesehatan gigi.
Makanan yang terlalu panas tidak baik untuk gigi susu anak yang masih rentan karena bisa mengikis lapisan gigi dan menyebabkan gigi berlubang. Suhu yang terlalu dingin, misalnya es jus, es krim, juga akan menyebabkan gigi berlubang karena dingin dan ditambah lagi dengan rasa manisnya yang juga kurang baik bagi gigi anak.

6. Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut
Kebersihan gigi dan mulut merupakan salah satu cara merawat gigi berlubang yang harus dilakukan untuk mengoptimalkan kesehatan gigi anak. sebelum anak mengalami sakit gigi yang berkepanjangan karena lubang di gigi, maka menggosok gigi dapat membantu mencegah lubang yang membesar.
‘Setelah dilakukan upaya secara medis, baik itu berupa perawatan, penambalan, maupun pencabutan gigi, maka Anda justru harus lebih mengintensifkan perhatian terhadap kebersihan gigi anak dengan cara menggosok giginya setelah makan, sebelum tidur, dan setelah bangun tidur.

7. Menggunakan Pasta Gigi Ber-Fluoride
Khasiat fluoride dalam pasta gigi bisa merekatkan bagian gigi yang berlubang. Penggunaan pasti gigi ini akan efektif juga dalam membersihkan sisa makanan yang ada di dalam mulut, terutama di sela-sela gigi. Dalam menggunakan pasta gigi ini, usahakan untuk menggunakan pasta gigi khusus anak agar tidak terlalu pedas jika di mulut anak.

Kerusakan gigi hingga berlubang merupakan suatu persoalan kesehatan serius karena menyangkut tumbuh kembang gigi anak. Kesehatan gigi haruslah dijaga agar nantinya bisa optimal dalam pertumbuhan dan perkembangannya. Pemeriksaan medis disertai dengan penerapan pola hidup sehat merupakan cara merawat gigi berlubang yang efektif.

tag : cara merawat gigi berlubang agar tidak membesar, cara merawat gigi berlubang agar tidak bau, cara memperbaiki gigi berlubang besar, cara merawat gigi berlubang pada anak, cara memperbaiki gigi berlubang di depan, pasta gigi khusus gigi berlubang, cara menghilangkan gigi berlubang hitam

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...