9 Cara Mengatasi Telinga Berdengung Terus Menerus Secara Intensif

Diposting oleh doni madan on Minggu, 06 Mei 2018

Cara mengobati telinga - Banyak hal yang menyebabkan timbulnya gangguan kesehatan pendengaran. Telinga yang berdengung terus menerus merupakan salah satu gangguan yang harus diminalisir agar tidak mengganggu kerja telinga. Cara mengatasi telinga berdengung penting diketahui dan harus segera dilakukan ketika Anda mengalaminya. Pemeriksaan dan penanganan secara intensif sangat diperlukan.
cara mengatasi telinga berdengung terus menerus
cara mengatasi telinga berdengung terus menerus

Telinga yang berdengung bisa dialami karena terlalu sering mendengar suara dengan volume terlampau keras, mendengar suara bising, ataupun ketidakseimbangan tekanan udara di dalam dan di luar telinga. Berbagai faktor penyebab ini dapat dihindari agar tidak mengalami gangguan ini lagi. 

Cara mengatasi dengungan di telinga secara intensif ini bisa jadi solusinya.

1. Menghindari Suara Bising
Suara bising bisa memicu timbulnya gangguan kesehatan telinga berupa dengungan telinga yang terus menerus terjadi. Anda harus berupaya untuk menghindari suara bising ini agar dengungan di telinga bisa berhenti dan hilang. Jika terlalu sering mendengar suara bising, maka telinga berdengung ini bisa saja timbul sewaktu-waktu.
Tentu Anda tidak menginginkannya, bukan? Untuk itu, hindarilah penyebab timbulnya dengungan di telinga. Periksakan ke dokter apabila dengungan tersebut masih terjadi agar mengetahui kondisi telinga yang sebenarnya.

2. Menghindari Mendengarkan Suara Terlampau Keras
Suara yang terlampau keras memang harus dihindari karena sangat berpotensi menimbulkan banyak gangguan kesehatan yang seharusnya tidak terjadi. Anda harus meminimalisir dalam mendengar suara yang terlampau keras. Dengungan di telinga juga bisa disebabkan oleh hal ini.
Anda harus mengatasinya dengan menurunkan volume suara menjadi tingkat yang sedang. Rutinitas yang buruk karena sering mendengarkan suara terlalu keras, misalnya mendengarkan musik, radio, ataupun audio lainnya. hal ini bisa menyebabkan terganggunya fungsi telinga karena getaran yang terlalu kuat.

3. Membersihkan Telinga Secara Teratur
Kebersihan telinga merupakan hal yang sangat penting. Membersihkan telinga merupakan salah satu cara mengatasi telinga berdengung yang harus segera dilakukan untuk membersihkan kotoran di dalam telinga yang menghalangi proses penerimaan getaran suara. Dalam membersihkan telinga, gunakan cotton bud yang bersih dan lakukan dengan benar.

4. Menggunakan Minyak Mustard
Banyak faktor penyebab telinga berdengung. Salah satunya adalah kebersihan telinga yang kurang terjaga. Anda bisa menggunakan minyak mustard untuk membersihkan kotoran yang ada di telinga karena minyak ini berfungsi sebagai pelumas yang efektif mengeluarkan kotoran dari dalam telinga.
Dengan pembersihan ini, kotoran akan hilang dan proses penerimaan getaran suara bisa berjalan lancar dan tidak terhambat oleh kotoran yang selama ini menyebabkan dengungan di telinga akibat menghalangi proses penyaluran getaran suara dari luar ke dalam telinga.

5. Mengonsumsi Jahe
Jahe merupakan salah satu apotik hidup yang banyak digunakan untuk mengatasi dan mencegah beragam penyakit. Sistem imun tubuh juga bisa dioptimalkan dengan mengonsumsi jahe. Khasiat jahe ini mampu mengatasi telinga yang berdengung. Anda bisa memarut jahe dan mengambil air perasannya untuk diminum.
Lakukan hal ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal, di mana dengungan bisa segera berhenti. Agar rasanya lebih nikmat, Anda bisa menambahkan jeruk nipis. Varian lain dalam mengonsumsi jahe adalah dengan merebus jahe dan meminum air rebusannya. Minuman jahe bubuk kemasan juga bisa diseduh apabila ingin lebih enak dan praktis.

6. Menggunakan Ramuan Kulit Manggis
Kulit manggis sudah terkenal dengan khasiatnya yang ampuh dalam mengobati berbagai gangguan kesehatan. Telinga yang berdengung secara terus menerus juga bisa diobati dengan ramuan kulit manggis. Anda dapat merebus kulit manggis ini sampai mendidih dan menyaring airnya untuk diminum. Anda bisa menambahkan madu agar rasanya lebih nikmat.

7. Mengurangi Asupan Garam
Garam beryodium memang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan yodium dan mencegah penyakit gondok. Akan tetapi, asupan garam yang terlampau banyak melebihi kebutuhan tubuh, justru menyebabkan gangguan kesehatan pendengaran, berupa dengungan di telinga yang tak kunjung berhenti akibat garam yang meningkatkan tekanan dalam tubuh.
Upaya untuk mengurangi dengungan ini secara otomatis bisa menurunkan tekanan di dalam telinga dan mengembalikan keseimbangan tekanan di dalam dan di luar telinga. Dengan demikian, dengungan yang terdengar di telinga bisa segera dihentikan.

8. Mengurangi Konsumsi Kafein
Salah satu penyebab terjadinya gangguan pendengaran seperti telinga yang berdengung bisa dihilangkan dengan mengurangi konsumsi kafein. Konsumsi kafein yang berlebihan akan berdampak kurang baik bagi pendengaran Anda. Saat telinga berdengung, sebaiknya kurangi konsumsi kafein sebagai cara mengatasi telinga berdengung.
Efek buruk kafein ini ternyata bisa memicu telinga berdengung karena meningkatkan tekanan dalam tubuh, termasuk telinga, sehingga apabila terlalu banyak akan menimbulkan ketidakseimbangan. Jika sudah demikian, timbullah dengungan di telinga yang terus menerus. Hal ini sangalah mengganggu dan Anda harus mengatasinya.

9. Menerapkan Pola Makan yang Sehat
Pola makan yang sehat tentu saja berpengaruh pada kesehatan tubuh di seluruh organ-organnya, termasuk telinga. Pola makan ini tak hanya harus teratur di jam yang tepat, tetapi juga harus memperhatikan porsi dan juga jenis makanan yang dikonsumsi. Anda harus menerapkan pola makan sehat secara rutin dan sangat baik jika dijadikan sebagai kebiasaan.
Gangguan pendengaran berupa telinga yang berdengung bisa disembuhkan dan dicegah melalui konsumsi makanan dengan porsi yang cukup dan meliputi makanan yang bernutrisi baik bagi telinga. Anda bisa mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung protein, vitamin B12, vitamin D, asam folat, dan sebagainya.

Terganggunya sistem pendengaran akan menyebabkan berbagai persoalan terkait dengan komunikasi dan perolehan informasi. Kepekaan indera pendengaran yang disebabkan telinga yang berdengung terus menerus harus segera diatasi. Berbagai cara mengatasi telingaberdengung tersebut harus segera dilakukan secara intensif agar kembali normal.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...