8 Nutrisi Penting untuk Menjaga Kesehatan Pendengaran agar Optimal

Diposting oleh doni Madan on Sabtu, 05 Mei 2018

Cara merawat lubang telinga - Sistem kerja panca indera yang optimal sangatlah penting, termasuk indera pendengaran sebagai media komunikasi. Seiring bertambahnya usia, memang sistem kerjanya mengalami penurunan. Selain itu, berbagai faktor pemicu gangguan kesehatan telinga bisa terjadi. Menjaga kesehatan pendengaran dengan memenuhi nutrisi bisa menanggulangi hal itu.
8 Nutrisi Penting untuk Menjaga Kesehatan Pendengaran agar Optimal
cara memelihara kesehatan telinga

Penurunan fungsi indera pendengaran ataupun adanya gangguan pendengaran bisa diminalisir dengan mengonsumsi makanan bernutrisi yang baik untuk telinga. Beberapa nutrisi penting yang dapat menunjang sistem kerja telinga bisa dipenuhi agar tetap telinga tetap berfungsi dengan baik. Ketahuilah beberapa nutrisi penting berikut ini dan penuhilah!
baca juga : 8 Cara Menjaga Kesehatan Telinga yang Tak Boleh di Remehkan

8 Nutrisi Penting untuk Menjaga Kesehatan Pendengaran agar Optimal


1. Kalium
Kalium merupakan salah satu jenis mineral yang efektif untuk mengoptimalkan kerja telinga. Kadar cairan dalam jaringan dan darah bisa dijaga keseimbangannya dengan mengonsumsi kalium. Kemampuan pendengaran akan lebih efektif karena kepekaannya meningkat. Sumber kalium adalah kentang, jeruk, pisang, bayam, melon, susu rendah lemak, dan yoghurt.

2. Folat
Folat atau asam folat diperlukan untuk meningkatkan sirkulasi dalam tubuh dan menghasilkan sel-sel baru. Sirkulasi yang baik tersebut dapat memberikan keseimbangan tekanan dalam telinga dan memastikan rambut halus dalam telinga dapat bernutrisi dengan baik.

Sumber folat tersebut adalah bayam, asparagus, kacang hijau, kacang, brokoli. Selain dari sayuran, buah juga mengandung folat, di antaranya adalah pepaya, pisang, stroberi, tomat, dan melon. Anda bisa memenuhinya dengan mengonsumsi beberapa dari sayur dan buah tersebut.

3. Zinc
Salah satu mineral yang penting bagi kesehatan telinga adalah zinc yang berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Infeksi yang dimungkinkan terjadi di telinga juga bisa dicegah melalui konsumsi zinc tersebut. Zinc juga berperan dalam menyembuhkan luka, pertumbuhan sel, mengobati tinnitus, serta kondisi di mana Anda mengalami gangguan.

Telinga yang berdengung terus menerus entah penyebabnya apa juga bisa disembuhkan atau dicegah dengan mengonsumsi zinc. Sumber zinc adalah kacang tanah, kacang mete, kacang polong, dark chocolate, ayam, serta daging sapi. Cara menjaga kesehatan pendengaran ini bisa dilakukan untuk mengoptimalkan kesehatan pendengaran.

4. Mangaan
Berbagai jenis mineral sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya dengan mengoptimalkan sistem kerja tubuh. telinga sebagai salah satu dari panca indera juga dapat ditingkatkan kepekaan serta sistem kerjanya dengan mengonsumsi mineral yang cukup.

Mangaan merupakan jenis mineral yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan pendengaran. Dalam hal ini, tentu konsumsi mangaan harus terpenuhi setiap harinya agar sesuai dengan kebutuhan tubuh. Fungsi mangaan ini adalah memastikan hubungan syaraf dengan otak yang baik, sehingga mampu mendengar dan menerjemahkan info dengan baik.

Anda bisa memenuhi nutrisi ini melalui konsumsi apel, nanas, kismis, kacang-kacangan, seledri, kacang pinus, dan sebagainya. Anda harus mengoptimalkan konsumsi makanan tersebut.

5. Magnesium
Magnesium merupakan salah satu mineral yang baik untuk bekerja sama dengan vitamin A, C, dan E, sehingga mampu melindungi telinga dari radikal bebas yang diakibatkan oleh suara keras. Dengan demikian, reaksi antara vitamin dan mineral tersebut mampu menyembuhkan atau bahkan mencegah gangguan pendengaran.
Penelitian sudah mengungkapkan bahwa rendahnya konsumsi magnesium dapat menyebabkan menyusutnya pembuluh darah di telinga serta minimnya suplai oksigen. Konsumsi magnesium bisa diperoleh dari pisang, bayam, kentang, serta brokoli.

6. Vitamin B12
Salah satu vitamin yang sangat penting untuk menjaga indera pendengaran adalah vitamin B12. Sistem kerja indera pendengaran bisa dioptimalkan dengan mengonsumsi vitamin B12 yang mampu mengendalikan produksi sel darah merah serta menurunkan produksi homosistein penyebab gangguan pendengaran. Selain itu, vitamin B12 mencegah tinnitus.
Konsumsi vitamin B12 dapat dipenuhi melalui berbagai makanan, seperti telur, daging sapi tanpa lemak, kerang, serta berbagai produk olahan susu (keju, yoghurt, mentega, dll.). Pastikan bahwa setiap harinya Anda mengonsumsi makanan yang bervitamin B12. Hal ini sangat efektif untuk menjaga sistem kerja indera pendengaran.

7. Vitamin D
Fungsi vitamin D sangat baik untuk tubuh. Selain baik untuk kesehatan tulang pada sistem gerak dan gigi, vitamin D juga mampu menjaga kesehatan pendengaran dengan meningkatkan sistem kerja telinga karena bagian dalam telinga juga terdiri dari tulang-tulang lunak. Asupan vitamin D sangat dibutuhkan agar telinga mampu bekerja secara optimal.
Bahkan, jika Anda kekurangan vitamin D, maka bisa mengalami osteopenia, yaitu keadaan di mana tulang-tulang pada bagian telinga dalam tersebut mengalami pengerasan dan timbul pori-pori. Hal ini akan berdampak penurunan kepekaan pendengaran hingga kehilangan pendengaran karena kondisi tulang yang sudah tidak baik.
Anda harus mengonsumsi makanan yang bervitamin D dalam menu makanan dan minuman sehari-hari. Konsumsilah salmon, minyak ikan, telur, ikan tuna, dan sebagainya. Untuk minumannya, minumlah susu secara teratur agar mampu menjaga kondisi tulang di telinga dan mengoptimalkan kepekaan pendengaran, sehingga komunikasi tetap lancar.

8. Asam Lemak Omega 3
Asam lemak omega 3 sangat penting perannya dalam menjaga kesehatan telinga. Omega 3 mampu mencegah ketulian ataupun hilangnya pendengaran karena mampu menyinkronkan komunikasi antara telinga dan otak. Nutrisi ini juga memastikan masuknya pesan dari telinga yang dikirim ke otak. Dengan demikian, kecepatan pemahaman pesan bisa dipastikan.
Selain memastikan pesan masuk dan dikirim ke telinga, Anda bisa mengonsumsi omega 3 ketika mengalami gangguan kesehatan pendengaran. Omega 3 bermanfaat untuk menanggulangi peradangan atau mencegah peradangan secara optimal dari dalam tubuh. Makanan yang mengandung nutrisi ini adalah kedelai, udang, tahu, kembang kol, dll.

Berbagai nutrisi penting tersebut sangat baik manfaatnya guna meningkatkan sistem kerja telinga. Dengan demikian, gangguan kesehatan bisa diminimalisir, bahkan dihindari. Menjaga kesehatan pendengaran melalui pemenuhan nutrisi tersebut bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi itu. Konsumsilah secara rutin.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...