8 Cara Menjaga Kesehatan Telinga yang Tak Boleh di Remehkan

Diposting oleh doni madan on Selasa, 17 April 2018

Cara Menjaga Kesehatan Telinga – Telinga adalah salah satu bagian panca indera yang harus dijaga setiap saat. Cara merawat telinga tidaklah semudah mengucapkannya. Sebab, dalam keseharian banyak hal yang terkadang menyebabkan gangguan pendengaran terjadi.
Cara Menjaga Kesehatan Telinga

Baca juga : Tips Kesehatan Untuk Anak-anak
Pola hidup yang kurang sehat, berada di tempat bising tanpa pengaman telinga dan kurangnya perhatian dalam menjaga kesehatan telinga adalah salah satu contohnya. Agar indera pendengaran tetap berfungsi dengan baik, maka sebaiknya Anda memahami dan melakukan beberapa cara berikut:

#1. Membersihkan Telinga Secara Rutin
Setiap organ pasti melakukan proses ekskresi dengan menghasilkan zat-zat yang sudah tidak terpakai dan harus dikeluarkan dari tubuh. Sebagai salah satu dari panca indera, telinga juga mengeluarkan zat-zat yang sudah tidak diperlukan tubuh. Anda harus membersihkannya secara rutin agar tidak mengganggu fungsi telinga dan agar tubuh bersih.

Telinga bagian luar yang kotor karena pengeluaran keringat disertai dengan debu atau kotoran yang menempel, memang harus dibersihkan. Anda bisa membersihkannya saat mandi dan juga saat menjelang tidur menggunakan lap lembut yang bersih. Untuk telinga bagian dalam, usahakan Anda membersihkan lendir secara teratur dengan cotton bud.

#2. Menghindari Kebiasaan Membersihkan Telinga dengan Cara yang Salah
Upaya untuk membersihkan telinga bagian luar dan dalam harus dilakukan sebagai suatu cara untuk menjaga kesehatan telinga seperti yang dipaparkan pada poin sebelumnya. Akan tetapi, untuk membersihkan telinga, Anda harus mengetahui cara yang salah.

Saat membersihkan telinga bagian dalam yang tentunya lebih berisiko, tidak semua orang menggunakan cara yang benar. Ketika membersihkan lendir di saluran telinga, terkadang cotton bud yang digunakan untuk membersihkan telinga dimasukkan terlalu ke dalam dan cara membersihkannya kurang hati-hati.

Selain itu, pembersihan telinga bagian dalam yang baik bisa menggunakan minyak zaitun untuk membantu mencairkan dan mengeluarkan lendir yang kotor dari dalam telinga, sehingga lebih mudah dibersihkan. Cara-cara seperti ini memang harus diketahui agar dapat mengoptimalkan perawatan kesehatan telinga.

#3. Menghindari Volume Suara yang Terlalu Keras
Kebiasaan buruk dalam kehidupan sehari-hari dan dalam intensitas sering merupakan faktor penyebab gangguan telinga yang harus dihindari. Pernahkah Anda mendengarkan musik atau suara dengan volume sangat keras? Mendengarkan sesuatu dengan volume terlampau keras, baik menggunakan speaker atau headset, keduanya tidak diperbolehkan.

Anda harus menghindari kebiasaan buruk tersebut karena suara yang terlalu keras akan merusak gendang telinga karena getaran yang sangat kuat. Hal ini bisa melemahkan kepekaan indera pendengaran dan tidak berfungsi optimal lagi ketika mendengar suara yang volumenya lebih kecil. Dengan demikian, komunikasi jadi kurang efektif dan sebaiknya hindarilah.

#4. Menggunakan Pelindung Telinga
Cara menjaga kesehatan telinga haruslah diperhatikan setiap saat, termasuk ketika naik pesawat. Hal ini justru tak boleh terlupakan. Mengapa? Gangguan pada pendengaran umumnya bisa terjadi karena perbedaan tekanan udara ketika mengudara dengan pesawat. Keseimbangan indera pendengaran akan terganggu.

Telinga akan terasa sakit atau berdengung ketika mengalami ketidakseimbangan tekanan. Dalam kondisi yang lebih parah, Anda bisa mengalami pendarahan ataupun terjadi perforasi gendang telinga. Untuk menangani hal tersebut, maka gunakan pelindung telinga untuk membatasi ketidakseimbangan yang terjadi.

#5. Mengeringkan Telinga Usai Berenang
Berenang bisa menyebabkan masuknya air ke dalam telinga. Berenang memang menyehatkan tubuh, tetapi jangan lupa untuk memperhatikan risikonya. Anda harus mengeringkan telinga usai berenang agar air yang masuk ke dalam telinga tidak mengganggu sistem kerja telinga. Anda harus memahami hal ini. Obat tetes telinga dan cotton bud bisa membantu.

#6. Periksa ke Dokter Jika Mengalami Gangguan Pendengaran
Gangguan pendengaran memang bisa saja terjadi karena berbagai faktor. Memeriksakan diri ke dokter ketika mengalami gangguan pendengaran memang harus dilakukan dan harus tak boleh terlewatkan. Kesehatan telinga sangat penting karena merupakan indera pendengaran yang menjembatani proses komunikasi dan lancarnya kegiatan sehari-hari.

Pemeriksaan ini harus dilakukan sesegera mungkin setelah Anda mengalami gangguan pendengaran, misalnya ketika tanda-tanda gangguan tersebut dirasakan. Anda tak boleh lagi menunda waktu untuk periksa kondisi kesehatan telinga. Pemeriksaan secara medis akan akurat dan Anda bisa segera memperoleh penanganan untuk menyembuhkan gangguan itu.

#7. Melakukan Pemeriksaan Medis Secara Rutin
Pemeriksaan rutin secara medis adalah salah satu cara menjaga kesehatan telinga yang harus dilakukan setiap orang untuk menjaga fungsi indera pendengaran agar tetap optimal. Upaya menjaga kesehatan telinga dengan cara yang benar sangat baik untuk menghindari gangguan pendengaran. Untuk itu, pemeriksaan ke dokter harus dilakukan secara rutin.

Periksa ke dokter bukan saja karena sakit telinga atau mengalami tanda-tanda gangguan pendengaran saja, tetapi memang ingin memantau kesehatan telinga. Tujuan pemeriksaan semacam ini harus diterapkan demi pengoptimalan perhatian terhadap kesehatan telinga. Kondisi telinga akan diketahui dengan baik ketika periksa dan mengetahui penjelasan dokter.

#8. Mengonsumsi Makanan Bernutrisi
Perawatan telinga tentu saja tidak hanya dilakukan dengan cara eksternal atau dari luar. Perawatan secara internal justru juga penting. Mengonsumsi makanan bernutrisi, seperti sayur dan buah merupakan salah satu cara agar mampu meningkatkan fungsi indera pendengaran karena kepekaannya bertambah. Gangguan pendengaran juga bisa diminalisir.

Banyak hal yang harus Anda perhatikan terkait dengan kesehatan, termasuk kesehatan indera pendengaran. Berbagai cara yang sudah dipaparkan di atas tak boleh dianggap remeh karena dampaknya positif bagi kepekaan indera pendengaran. Cara menjaga kesehatan telinga dengan benar tersebut harus dipahami dan dijalankan dengan baik. Sayangilah diri Anda!

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...