Ketahui 10 Manfaat Mentimun untuk Kesehatan! Nomor 10 ternyata untuk DIET kamu!

Diposting oleh doni Madan on Jumat, 22 September 2017

Caranyata -  Artikel kesehatan kita kali ini seputar manfaat buah timun atau mentimun untuk kesehatan. Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan buah hijau yang satu ini. Bahan makanan yang bisa digunakan untuk jus timun pastinya. Karena banyak mengandung air dan tidak jarang digunakan sebagai lalapan saat makan ayam goreng, nasi goreng atau ikan bakar.
Mentimun
Di dunia masak memasak memiliki peran memang kurang begitu penting, tapi siapa yang menyangka kalau buah timun hijau ini ternyata memiliki manfaat yang cukup besar untuk menjaga keadaan tubuh agar tetap fit dan segar bugar dalam keadaan sehat dan terhindar dari berbagai serangan penyakit. 
baca juga : Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan
Penasaran? Simak ulasan Ketahui 10 Manfaat Mentimun untuk Kesehatan! Nomor 10 ternyata untuk DIET kamu!
  • Menjauhkan otak dari risiko neurologis
Selain potasium, mentimun ternyata juga mengandung zat anti-inflamasi yang disebut fisetin. Nah, fisetin ini ternyata mampu mengurangi dampak penyakit neurologis terkait usia pada fungsi otak.
  • Anti-aging

Mentimun
Mentimun terbukti berkhasiat menjaga kulit tetap sehat dan kencang. Tak heran bila mentimun banyak digunakan dalam berbagai produk kecantikan, terutama yang berfungsi sebagai anti-aging.

  • Menjauhkan tubuh dari dehidrasi


Kadungan air di dalam mentimun mencapai 95,2 persen. 5 ons mentimun mengandung 4,8 ons air atau setara 150 mililiter air. Itu sama dengan 26 persen dari asupan air harian kita melalui makanan.

  • Menunjang kesehatan jantung

Mentimun ternyata mengandung potasium yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan itu berarti sangat baik untuk menunjang kesehatan jantung.

  • Mengurangi risiko terserang kanker

Mentimun mengandung polifenol yang disebut lignan. Nah, zat ini dipercaya mampu mengurangi risiko kanker.

  • Meringankan rasa sakit

Ternyata mentimun juga mengandung flavonoid yang terdiri atas zat anti-inflamasi dan tanin. Dua zat tersebut sangat berkhasiat untuk mengurangi rasa sakit.

  • Mengurangi bau mulut

Konon, cara paling mudah untuk menghilangkan bau mulut setelah menyantap petai atau jengkol adalah dengan mengonsumsi mentimun. Ternyata hal itu memang benar adanya. Kandungan air yang tinggi mendorong produksi air liur di dalam mulut, yang pada gilirannya dapat membantu menyingkirkan penyebab bau mulut.


  • Menjaga kesehatan tulang

Rupanya di dalam mentimun juga tersimpan vitamin K yang cukup banyak. Anda tentu sudah tahu bahwa vitamin ini sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang.

  • Mencegah sembelit

Kadungan air yang cukup banyak di dalam mentimun dan kulitnya yang kaya serat, sangat ampuh untuk mencegah munculnya sembelit.


  • Mempertahankan berat badan ideal

Air dan serat dalam mentimun sangat efekti untuk menjaga berat badan ideal.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...