Manfaat buah Kesemek untuk Diet dan Kesehatan

Diposting oleh Zikri Hamdi on Sabtu, 16 Januari 2016

Ada banyak manfaat buah kesemek untuk kesehatan, akan tetapi kali ini kita hanya akan membahas faedah buah imut ini untuk diet dan kesehatan secara umum. Pasalnya, dua hal tersebut merupakan informasi yang paling kerap dicari oleh kaum perempuan di dunia maya.  Kesemek merupakan buah asli Tiongkok yang memiliki persebaran mulai dari Jepang, Asia, hingga Eropa dan Amerika. Di setiap negara ‘jajahannya’, kesemek selalu menjadi buah yang memiliki nilai komersial tinggi karena khasiatnya yang sangat banyak. Di Indonesia sendiri, buah ini tumbuh secara subur di daerah Jawa Barat dan Jawa Timur.

Buah kesemek


Selaras dengan manfaat buah kesemek yang sangat banyak, buah kesemek pun mempunyai banyak nama karena ia menyebar hingga ke berbagai negara. Di Inggris, ia dinamakan sebagai buah oriental perimmon, sedangkan di Israel ia disebut sebagai sharon fruit. Namun demikian, buah ini tetap memiliki satu nama latin aja, yakni Diospyros kaki. Kaki merupakan bahasa Jepang yang digunakan untuk menyebut zat tanin yang dihasilkan oleh buah kesemek. Zat inilah yang memberikan efek rasa sepat kesemak, dan kadarnya akan terus menurun seiring dengan meningkatnya level kematangan buah.

Buah kesemek yang telah matang dapat dimakan secara langsung atau diperam dengan air kapur untuk menghilangkan rasa sepatnya tadi. Selain itu, ia juga dapat diolah menjadi berbagai macam panganan seperti agar-agar, selai, es krim dll. Buah kesemek yang sudah matang akan berawarna jingga kuning seperti pepaya hingga kemerahan. Itulah info seputar buah kesemek dan selanjutya kita akan membahas manfaat buah kesemek untuk diet dan saat hamil

Manfaat buah Kesemek untuk diet dan mencegah penyakit


Manfaat buah kesemek untuk diet dapat dipahami dari berbagai kandungan nutrisi yang tersimpan di dalamnya. Selain mengandung serat dua kali lipat lebih banyak ketimbang apel, ia juga diberkahi dengan berbagai jenis nutrisi berkhasiat, yakni karbohidrat, protein, kalium, glukosa dan fruktosa, vitamin C, E, K, elektrolit, dan mineral. Serat itu sendiri merupakan kebutuhan wajib dalam program diet untuk melancarkan pergerakan makanan di dalam usus dengan meningkatkan kinerja gerak peristaltik usus sehingga makanan dapat berpindah dengan cepat dan lancar. Selain itu, ia juga akan meningkatkan daya sekresi saluran cerna dan lambung sehingga seluruh sistem pencernaan dapat bekerja dengan baik. Tak hanya itu, kesemek juga akan mensukseskan program diet anda dengan kemampuannya menyerap zat lipid yang menjadi biang obesitas.

Selain itu, manfaat buah kesemek juga diketahui dapat mencegah berbagai macam penyakit, di antaranya tumor, kanker, jantung, paru-paru, asma, dan batuk. Apalagi, sistem kekebalan tubuh juga akan meningkat karena kandungan vitamin C-nya dapat memenuhi hingga 80% kebutuhan harian. Walau demikian, bagi anda penderita penyakit darah rendah harus berhati-hati dalam mengkonsumsi buah ini karena ia dapat menekan kadar darah secara drastis.


Tags: manfaat buah kesemek, manfaat kesemek, kegunaan buah kesemek, khasiat buah kesemek

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...