Aroma khas dan manfaat daun kemangi

Diposkan oleh Zikri Hamdi on Minggu, 17 Januari 2016

Sering kali saat kita memesan pecel lele di warung tenda pinggir jalan, kita mendapatkan hidangan yang dilengkapi dengan sambal dan lalapan. Salah satu daun lalapan yang sering disandingkan dengan sambal dan lauk di warung pecel lele adalah daun kemangi. Daun kemangi memiliki rasa yang khas dan memang tidak semua orang menyukai daun kemangi. Selain rasa dan aroma yang khas, hal lain yang dimiliki kemangi adalah manfaat daun kemangi itu sendiri. 
 Aroma khas dan manfaat daun kemangi
Daun kemangi memiliki ukuran daun yang tergolong kecil. Biasanya, kemangi disajikan masih bersama dengan batangnya yang kecil pula. Kemangi akan mengeluarkan aroma khasnya saat dipetik. Saat dikunyah, aroma khas kemangi juga akan memenuhi rongga mulut dan akan sedikit memberikan sensasi segar. Meskipun daun kemangi memiliki aroma khas tetapi aroma ini tidak tertinggal dimulut setelah kita memakannya. Berbeda dengan jengkol yang meninggalkan aroma di mulut bahkan di air seni. Daun kemangi memiliki beberapa manfaat yang diantaranya akan kita bahas.

Manfaat daun kemangi mengurangi bau keringat


Aroma khas dan manfaat daun kemangi 
Manfaat daun kemangi yang pertama adalah dapat mengurangi bau keringat. Anda pasti pernah menjumpai orang dengan bau keringat yang menyengat atau mungkin anda sendiri memiliki bau keringat. Bau keringat yang menyengat memang bukanlah suatu dosa besar. Akan tetapi aroma keringat yang menyengat apalagi kurang sedap dapat menjadikan orang di sekitar anda tidak nyaman. Jika anda memiliki bau keringat yang menyengat, cobalah secara rutin mengkonsumsi daun kemangi. Daun kemangi memang diketahui memiliki manfaat mengurangi bau keringat.

Manfaat daun kemangi mengobati sariawan


Sariawan adalah penyakit yang hampir setiap orang pernah merasakannya. Untuk mengobati sariawan cobalah salah satu alternatif dengan memaksimalkan manfaat daun kemangi. Selain mengurangi bau keringat, kemangi merupakan bahan alami yang dipercaya dapat mengobati sariawan. Mengunyah kemangi secara rutin adalah salah satu alternatif mengobati sariawan. Tentu saja, daun kemangi yang dikunyah adalah daun yang telah dibersihkan terlebih dahulu. Dan berkumurlah setelah mengunyah kemangi. Lakukan rutinitas ini tiga kali sehari.

Manfaat daun kemangi mengatasi panu


Manfaat daun kemangi yang lain adalah dapat mengatasi penyakit kulit seperti panu. Panu tergolong penyakit kulit yang sukar diatasi karena penyakit ini membandel. Tak jarang, penyakit panu membuat pusing para penderitanya.

Daun kemangi memilik manfaat untuk menyembuhkannya. Cara mengobati penyakit panu dengan menggunakan daun kemangi adalah dengan menggosokan ramuan dari daun kemangi pada area yang terserang panu. Ramuan ini dibuat dengan menumbuk daun kemangi sampai halus. Hasil tumbukan daun kemangi ini kemudian di campur dengan air kapur sirih. Ramuan ini digosokan ke area yang terjangkit panu dengan frekuensi penggosokan sebanyak dua kali sehari.


Tags: Manfaat daun kemangi, khasiat daun kemangi, Manfaat kemangi, khasiat kemangi

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...