Manfaat Tomat untuk Tubuh dari Antikanker hingga Antidepresi

Diposting oleh Zikri Hamdi on Sabtu, 26 Desember 2015

Apasih manfaat tomat ? Selain digunakan dalam masakan, tomat juga dapat dimakan langsung. Tomat juga dikonsumsi dalam bentuk minuman ataupun jus. Tomat mengandung senyawa antioksidan yang kuat yang disebut dengan lycopene. Kandungan lycopene dalam tomat sangatlah banyak dan zat ini pulalah yang memberi warna merah pada tomat. Tomat juga mengandung senyawa asam alpha lipoic. Alpha lipoic dapat membantu mengontrol kadar glukosa di dalam darah. Tomat juga mengandung nutrisi lain, seperti kolin, yang berfungsi pada kenyenyakan tidur seseorang. Kolin juga berpengaruh pada fungsi syaraf tubuh, seperti fungsi gerak otot dan transmisi simpul syaraf.
Manfaat Tomat untuk Tubuh dari Antikanker hingga Antidepresi
Manfaat Tomat untuk Tubuh dari Antikanker hingga Antidepresi
Tomat adalah buah yang selalu dapat kita temukan di dapur. Buah yang berwarna hijau dan merah-orange itu selain menambah cita rasa untuk makanan juga memiliki manfaat lainnya. Manfaat tomat untuk tubuh tentu saja memberikan efek kesehatan. Tomat sering digunakan pada campuran bahan masakan yang memberikan cita rasa asam.

Manfaat tomat mencegah depresi

Manfaat tomat untuk tubuh dapat juga untuk mencegah depresi. Tomat mengandung asam folat. Seperti yang diketahui, asam folat sangat penting bagi janin. Selain itu, asam folat juga membantu meredakan depresi yaitu dengan mencegah pembentukan homosistein, suatu hormon yang jika jumlahnya berlebih dapat mengganggu hormon bahagia.

Manfaat tomat sebagai antikanker

Manfaat tomat untuk tubuh dapat diperoleh dengan konsumsi rutin tomat dalam keseharian kita. Mengkonsumsi buah dan sayur sangat bermanfaat pada kondisi tubuh, diantaranya mengurangi potensi jantung, diabetes, dan juga kanker. Mengkonsumsi tomat setiap hari secara rutin sama artinya kita memberi tubuh kit asupan vitamin C, likopen, dan kolin. Vitamin C dan likopen termasuk senyawa penangkal radikal bebas atau biasa disebut dengan istilah anti radikal bebas. Hal ini berarti bahwa senyawa tersebut dapat menangkal senyawa penyebab penyakit kanker. Likopen dikaitkan dengan penurunan resiko kanker prostat.
Manfaat tomat pada tekanan darah

Selain manfaat tomat untuk tubuh yaitu sebagai antikanker, manfaat tomat yang lain adalah untuk menormalkan tekanan darah. Penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi sangat dianjurkan untuk mengurangi asupan natrium dan meningkatkan asupan kalium. Hal ini tak lain ada kaitannya dengan upaya menjaga vasodilatasi. Sebuah penelitian telah menyatakan bahwa asupan kalium tinggi ada kaitannya dengan penurunan resiko kematian hingga 20%. Tomat adalah salah satu buah yang kandungan kaliumnya tinggi.
Manfaat tomat meremajakan kulit

Manfaat tomat untuk tubuh salah satunya adalah meremajakan kulit. Keremajaan kulit didukung oleh zat yang bernama kolagen. Keberadaan kolagen sangat bergantung pada keberadaan vitamin C. Vitamin C yang merupakan senyawa antioksidan melindungi kulit dari kerusakan akibat panas matahari yang berlebih dan polusi. Vitamin C yang mendukung kolagen pada kulit dapat menjaga tekstur kulit sehingga tidak berkerut secara berlebihan.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...