Tips Cara Aman Berberlanja Online

Diposting oleh Zikri Hamdi on Jumat, 27 November 2015

Hello pengunjung caranyata.blogspot.com, hari gini gak berani belanaja online ???? Apa kata dunia... banyak masyarakat masih takut untuk berbelanja online dikarenakan was-was barang akan tidak datang atau di bawa lari oleh penitip barang dan seabrek kecurigaan lainnya. Berikut ini akan kita rilis Tips Cara Aman Berberlanja Online.
Tips Cara Aman Berberlanja Online
Situs belanja secara online saat ini sudah cukup banyak bahkan hampir bisa dikatakan hal yang lazim dilakukan. Namun bagi para calon pembeli terutama yang baru pertama kali mencoba akan merasa sedikit ragu atau takut untuk melakukan jual beli online. Untuk mengindari dari berbagai jenis penipuan dan berbelanja secara aman, bisa mengikuti beberapa tips berikut yang dapat digunakan saat ingin berbelanja online.
  1. Cek Reputasi
Reputasi seorang penjual atau sebuah situs jual beli harus selalu dicek terlebih dahulu. Jika baru pertama kali berbelanja sebaiknya mencari situs yang benar-benar sudah dikenal, namun tidak menutup kemungkinan hal yang tidak diinginkan terjadi.
  1. Cek Alamat
Sebuah situs atau penjual yang mempunyai alamat berjualan resmi akan semakin bagus dikarenakan jika terjadi sesuatu pembeli dapat langsung mengujungi atau melaporkan alamat tersebut.
  1. Baca Deskripsi
Selalu baca deskripsi produk untuk mengetahui keadaan produk tersebut baik baru atau bekas maupun ada yang cacat atau tidak. Jika barang yang diterima tidak sesuai maka pembeli dapat melaporkannya ke situs penyedia.
  1. Keaslian dan Garansi
Mengetahui keaslian suatu barang tidak terlalu gampang, namun hal tersebut dapat mencegah membeli barang palsu dengan harga yang sama dengan asli. Selain itu juga ada baiknya barang itu mempunyai garansi, sehingga saat terjadi sesuatu pembeli dapat menukar atau memperbaiki barang tersebut secara gratis.
  1. Pengiriman dan Pembayaran
Pengiriman barang sebaiknya menggunakan paket kilat dan diasuransikan agar cepat sampai dan terjamin keadaannya. Sedangkan untuk pembayaran terdapat beberapa metode yang cukup sering digunakan.
Transfer : Pembeli langsung mengirimkan uang kepada penjual melalui rekening bank. Ketika uang sudah terkirim maka mudah saja uang itu langsung dibawa kabur oleh penjual. Oleh karena itu cara ini yang paling rentan terjadinya penipuan.
Cash on Delivery : Cara ini mengharuskan pembeli dan penjual langsung bertemu seperti membeli pada toko. Sebaiknya jika menggunakan cara ini bertemulah ditempat yang ramai untuk menghindari penjahat berkedok sebagai penjual.
Rekenin Bersama : Cara yang cukup ampuh dan sering digunakan adalah menggunakan rekening orang ketiga yang dipercaya oleh kedua belah pihak. Jika barang tidak sesuai maka pembeli dapat menerima kembali uangnya dari pihak yang dipercayakan.
  1. Bukti Transaksi
Menyimpan bukti transaksi adalah hal yang sepele, namun cukup penting untuk dilakukan. Bukti transaksi tersebut dapat menunjukkan bahwa barang tersebut benar-benar dibeli dan menjadi bukti untuk mengklaim garansi.
Semoga Tips Cara Aman Berberlanja Online tersebut dapat membantu pembaca menghindari kejadian yang tidak diinginkan dalam berbelanja online. Baca juga 20 usaha sampingan yang bisa memberimu pendapatan tambahan yang menggiurkan

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...